Apakah Sifat Wajib Bagi Allah Hanya 20 ?

PENJELASAN SIFAT 50 AKIDAH AHLUSSUNNAH WAL-JAMAAH
BAB KETUHANAN (ILAHIYAT)

Akidah 50 maksudnya adalah, 20 sifat wajib bagi Allah, 20 sifat mustahil bagi Allah dan satu sifat jaiz bagi Allah. 4 sifat wajib bagi para rasul, 4 sifat mustahil bagi para rasul dan satu sifat jaiz bagi para rasul. Semuanya berjumlah 50.
Mengapa seorang Muslim wajib mengetahui 41 sifat bagi Allah seperti yang telah diterangkan di atas? Ada beberana alasan para ulama membangun konsep 41 sifat bagi Allah
tersebut.

Pertama, 41 sifat tersebut dapat mengantarkan seseorang ma'rifat, mengetahui dan mengenal Allah. Sebagaimana dimaklumi, setiap orang yang mukalaf, wajib ma'rifat, mengetahui dan mengenal Allah. Mengetahui hakikat Allah jelas tidak mungkin mampu dilakukan oleh siapapun kecuali oleh Allah sendiri. Ma'rifat, mengetahui dan mengenal Allah yang mampu dilakukan oleh seseorang adalah mengetahui sifat-sifat yang wajib, yang mustahil dan yang jaiz bagi Allah, dan itu adalah sifat 41. Kesimpulannya, 41 sifat tersebut dapat mengantarkan seseorang untuk ma'rifat kepada Allah.

Kedua, mengapa sifat wajib bagi Allah yang wajib diketahui oleh seorang mukalaf hanya 20 sifat? Pada dasarnya para ulama tidak membatasi sifat Allah pada 20 sifat. Allah wajib memiliki sifat-sifat kesempurnaan yang layak dengan keagungan-Nya dan Maha Suci dari setiap kekurangan yang tidak layak dengan keagungan-Nya. Karena itu sifat kesempurnaan Allah pada hakikatnya tidak terbatas. Hanya saja, para ulama menetapkan wajib mengetahui 20 sifat wajib bagi Allah, karena 20 sifat wajib ini batas kemampuan akal manusia dalam rangka ma'rifat dan mengenal Allah. Lebih dari 20 sifat tersebut, akal manusia tidak mampu menelusurinya.

Ketiga, 20 sifat wajib bagi Allah juga merespon penyimpangan-penyimpangan berbagai aliran pemikiran yang berkaitan dengan ketuhanan. Sebagaimana dimaklumi, dalam persoalan akidah, berbagai aliran pemikiran seperti Mu'tazilah, Syiah, Mujassimah dan lain-lain memiliki pemikiran dan akidah yang menyimpang dari kebenaran berkaitan dengan soal-soal ketuhanan. 20 sifat yang wajib dan 1 sifat yang jaiz bagi Allah menjadi respon dan jawaban terhadap berbagai penyimpangan tersebut.

Keempat, apabila diteliti secara seksama, 41 sifat Allah yang wajib diketahui oleh seorang mukalaf tersebut, pada dasarnya menjadi jawaban terhadap soal-soal yang mendasar tentang persoalan ketuhanan yang wajib diketahui oleh manusia dalam rangka ma'rifat dan mengenal Allah.

___________
PENJELASAN SIFAT 50
MUHAMMAD IDRUS RAMLI



0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post