Program Dakwah Mesjid Al Fatah Minas - Safari Dakwah Surau Minas

Ekonomi Syariah SDSM

Safari Dakwah Surau Minas.

Berjalan sudah melewati putaran ke 3 SDSM, sudah mulai terbaca kekuatan jama'ah SDSM baik segi ekonomi atau pun ghirah terhadap majelis ilmu.
Setiap kali majelis ilmu dilaksanakan SDSM dimasing-masing SURAU, tidak kurang dari 600 ribu - 1 juta pendapatan infaq yang diperoleh persatu SURAU. Ini bisa dijadikan barometer finansial dan kecemerlangan ekonomi umat.
Setuju atau tidak setuju, dipastikan karena jama'ah SDSM kaya hati maka infaq dapat diperoleh dalam angka diatas perolehan masjid besar di Minas khususnya.


Disisi lain, antusias kehadiran jama'ah saat diadakan kajian majelis ilmu antara 100 sampai 200 orang. Bisa dibayangkan dengan rata-rata ukuran MUSHOLLA/ SURAU 10 X10 tentu penuh sesak, malahan sampai memenuhi teras luar.

Kehangatan kekeluargaan saat kajian berlangsung dan silaturahmi terasa beda. Kadang tak terasa air mata ini mengalir dengan sendirinya, melihat betapa rindunya suasana ini terjadi. Alhamdulillah, suasana kekeluargaan ini hampir setiap pekan ditemui di Minas Jaya dengan adanya program SDSM. Jama'ah muslimah sibuk mempersiapkan segala bentuk khidmat untuk menyambut tamu dari Musholla/Surau lain dan bapak-bapak ada yang memasang umbul-umbul dan spanduk.

Terkait Ekonomi Syariah, sudah perlu mulai dijajaki implementasi KOPERASI SYARIAH SDSM.

Sekiranya 5 jama'ah dari masing-masing SURAU sanggup menabung 1 juta, jika dikali dengan 12 SURAU maka akan ada 60 juta dana yang bisa menggerakkan ekonomi umat. Terjerat RIBA, RENTENIR, USAHA MACET bisa dimajukan dalam badan  KOPERASI SYARIAH SDSM.

Umpama ada jama'ah yang kredit SEPEDA MOTOR dari leasing dengan bayaran bulanan 800 ribu atau 1,5 juta, KOPERASI akan melunasi dan jama'ah mencicil bayaran pada Koperasi. Jelas keuntungannya diperoleh SDSM dan jama'ah terlepas dari dosa RIBA.

Terkait permasalahan remaja yang terjadi di Minas dan kurangnya minat remaja mengikuti kajian Sabtu khusus di masjid Al-Fatah, maka kami melakukan inisiasi pemindahan kajian pada 4 musholla. (Kajian Sabtu 4 kali setiap bulan) Dengan syarat yang harus disepakati masing-masing musholla:

  1. Musholla yang akan mengadakan kajian harum membuat undang pada masing-masing jama'ahnya.
  2. Tiga Musholla lain yang ikut dalam kelompok kajian, harus mendatangkan jama'ahnya pada musholla yang mengadakan Kajian.
  3. Musholla yang mengadakan kajian tetap harus mengeluarkan kafalah Ustadz dan digunakan untuk  khidmat saat kajian (menyediakan konsumsi saat kajian).
  4. Kafalah Ustadz al-fatah yang menunaikannya.
  5. Infaq yang diperoleh saat kajian, sepenuhnya untuk musholla. Dengan catatan dikeluarkan  sebagian untuk menyediakan/ membeli sembako untuk jama'ah yang tidak mampu.
  6. Program beras satu genggam harus digalakkan di masing-masing musholla
  7. Masing-masing musholla harus membuat list nama jama'ah, alamat, nomor HP, golongan darah, keahlian ekonomi dan kesanggupan Dalam proses berjalan alami maka dibentuklah struktur kepengurusan dengan nama wadah Safari Dakwah Surau Minas (SDSM), sedang pembuatan ADRT untuk didaftarkan ke KUMHAN.

Struktur organisasi Leader SDSM membawahi:
1. Sekretaris
2. Bendahara
3. Leader Pendidikan
4. Leader Ekonomi Syariah
5. Leader Publikasi dan IT
6. Leader Perencana dan Kelengkapan
7. Leader Muslimah SDSM
8. Leader Keamanan dan Olahraga
9. Leader Minas Fisabilillah (pemuda Muslim)

 Khusus Bidang Publikasi dan IT, InsyaAllah tahun 2020 mendirikan Radio FM Komersil Sekarang kajian malam di al-fatah kita pindahkan ke 13 SURAU di Minas Jaya, Alhamdulillah program tahsin Al-Qur'an Al-Fatah yang sudah berjalan hampir 3 tahun, membuat kebijakan pengabdian bagi kelas pilihan. Mereka ada 12 orang menjadi pengajar tahsin di 13 musholla tanpa bayaran. jumlah peserta tahsin di Minas Jaya ada lebih kurang 200 orang.

0/Post a Comment/Comments

Previous Post Next Post